Начало » Other languages » Bahasa Indonesia » Pesan Agung dari Bapa Suci Patriark Ekumenikal Bartholomeus I bagi Hari Raya Tahun Baru Gerejawi (Indiction) 1 Septenber 2021

Pesan Agung dari Bapa Suci Patriark Ekumenikal Bartholomeus I bagi Hari Raya Tahun Baru Gerejawi (Indiction) 1 Septenber 2021

In other languages: ELENBGFRITESPTRORUSUAFITRKODE


1 September 2021

Prot. No. 539

† B A R T H O L O M E U S

Oleh Belas Kasihan Allah Uskup Agung Konstantinopel-Roma Baru

Dan Patriark Ekumenikal

Kepada Pemilik Gereja

Rahmat, Damai, dan Kerahiman dari sang Pencipta Segenap Ciptaan

Tuhan Allah Kita dan Juruselamat Yesus Kristus

Saudara-saudara yang saya hormati dan anak-anak yang terkasih dalam Tuhan,

Hari Raya Tahun Baru Gerejawi (Indiksi), doa yang hikmat bagi lingkungan alam, sekali lagi umat manusia dihadapkan pada kondisi akan dampak cuaca yang intens akibat meningkatnya perubahan iklim, dengan banjir dan kebakaran dahsyat di seluruh dunia, serta dengan pandemi Coronavirus dan dampak-dampak sosial ekonomi yang diakibatkannya.

Fakta bahwa tindakan pembatasan dalam transportasi dan pembatasan yang dikenakan pada produksi industri telah menghasilkan pengurangan polusi dan emisi, menawarkan pelajaran berharga tambahan tentang kesalinghubungan global dan saling ketergantungan akan semua dimensi kehidupan. Selain itu, telah diungkapkan lagi bahwa inisiatif ekologi Patriarkat Ekumenis, yang terdiri dari perluasan teologi dan tradisi liturgi Gereja, bersesuaian dengan temuan ilmiah dan dengan rekomendasi para ahli yang menyerukan beragam mobilisasi untuk melindungi integritas lingkungan alam.

Karena itu kita berdoa agar upaya mengatasi konsekuensi dari krisis kesehatan bisa dipercepat dan bagi penerangan dari atas dapat menerangi segenap pemerintah di seluruh dunia, sehingga mereka tidak berbalik kembali atau bertahan pada ekonomi, prinsip-prinsip organisasi kehidupan ekonomi, produksi. dan konsumsi, eksploitasi sumber daya alam secara menyeluruh, yang mana adalah prinsip-prinsip yang berlaku sebelum pandemi. Lebih lanjut, adalah keinginan tulus kami agar penyebaran opini ilmiah semu tentang bahaya-bahaya yang diakibatkan oleh vaksin Covid-19, fitnah yang ditujukan kepada spesialis bidang medis, dan degradasi keseriusan penyakit yang tidak berdasar, dihentikan. Sayangnya, pendapat serupa juga disebarkan terkait dengan perubahan iklim, penyebab dan efek bencananya. Kenyataannya sama sekali berbeda, dan harus dihadapi dengan tanggung jawab, kolaborasi, aksi bersama, dan visi bersama.

Tidak turut ambil bagian dari berbagi tantangan besar masa kini akan umat manusia adalah merupakan ketidakwarasan saat pengetahuan yang utuh dan lengkap tersedia. Ketidakpedulian terhadap saudara-saudara kita yang menderita dan terhadap kehancuran ciptaan yang “sangat baik”, adalah pelanggaran terhadap Allah dan pelanggaran terhadap perintah-perintah-Nya. Di mana ada rasa hormat terhadap ciptaan dan cinta yang nyata terhadap manusia, „kekasih Tuhan,“ di sana Allah hadir.

Setelah Konsili Suci dan Agung (Kreta, 2016), Patriarkat Ekumenikal, seturut dengan semangat dan keputusannya, menunjuk sebuah komisi resmi, yang terdiri dari para teolog, untuk menyusun dokumen tentang implikasi sosial dari iman kita dan misi sosial dan kesaksian Gereja Orthodox di dunia kekinian. Teks ini, yang telah disetujui untuk diterbitkan oleh Sinode Kudus dan Suci dan berjudul Bagi Kehidupan Dunia: Menuju Etos Sosial Gereja Orthodox, menyatakan sebagai berikut: “Gereja mendorong umat beriman untuk bersyukur atas—dan untuk menerima—temuan-temuan ilmu pengetahuan, bahkan yang terkadang mengharuskan mereka merevisi pemahaman mereka tentang sejarah dan bingkai realitas kosmis. Hasrat akan pengetahuan ilmiah mengalir dari mata air yang sama dengan kerinduan iman untuk masuk semakin dalam ke dalam misteri Allah” (§ 71).

Gereja Agung Kristus yang Kudus dengan tegas menyoroti akan perlindungan lingkungan alam yang tak terpisah-pisahkan dan kepedulian kedermawanan terhadap sesama. Baik sikap ramah atas lingkungan maupun pengakuan akan kesucian pribadi manusia adalah merupakan “liturgi setelah Liturgi,” dimensi vital dari aktualisasi Ekaristi Gereja. Kehidupan Gereja adalah penghormatan yang nyata terhadap ciptaan, serta tempat dan cara mengalami budaya kepribadian dan akan solidaritas.

Saudara-saudara yang paling terhormat dan anak-anak terkasih,

Sepanjang periode yang sulit ini, adalah tugas penggembalaan yang utama dari Gereja untuk mengambil inisiatif menanggulangi pandemi. Dan itu juga merupakan kewajiban etis kategoris untuk mendukung akses global ke imunisasi melawan virus corona, terutama di negara-negara miskin, sesuai dengan firman Tuhan kita, “Sejauh kamu telah melakukannya untuk salah satu dari saudara-saudaraku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku” (Mat. 25:40). Kita harus saling mengasihi “seperti Kristus telah mengasihi kita” (Ef. 5:2) dan untuk menunjukkan diri kita sebagai “imam” atas ciptaan, menjaga dan mengolahnya dengan perhatian dan kasih sayang, dan, dengan mengucap syukur, mempersembahkan hadiah yang sangat berharga dari Rahmat Allah kepada Sang Pencipta semuanya.

Sebagai penutup, kami dengan sepenuh hati berharap kepada semua orang akan tahun gerejawi baru yang diberkati, kesehatan yang paripurna dan berbuah keterberkatan, dan kami menyerukan kepada kalian, melalui syafaat Theotokos Pammakaristos, rahmat dan belas kasihan Tuhan dan Juruselamat kita Yesus Kristus, kepada-Nya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin!

1 September 2021

†Bartholomeus di Konstantinopel

Pendoamu yang setia dihadapan Allah

Το Μήνυμα του Παναγιωτάτου Οικουμενικού Πατριάρχη Βαρθολομαίου για την εορτή της Ινδίκτου (1 Σεπτεμβρίου 2021). Η ημέρα αυτή είναι αφιερωμένη στην προσευχή υπέρ της Προστασίας του Φυσικού Περιβάλλοντος.

Posted by Ecumenical Patriarchate on Monday, August 30, 2021

Sumber: Prochoros Rinus

Support Doxologia Infonews to continue receiving quality church, religious news

Donate to Doxologia Infonews. Your support is invaluable to us. Thank you!

BANK: Eurobank Bulgaria AD (Postbank)

IBAN: BG46BPBI88984030687601

or through PayPal